PERANAN BUDAYA DAERAH MEMPERKOKOH KETAHANAN BUDAYA NASIONAL

MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR

PERANAN BUDAYA DAERAH MEMPERKOKOH KETAHANAN BUDAYA NASIONAL

Disusun oleh :

NAMA             :Jaka Roni

KELAS              : 1ID 05

NPM                : 33410706

 

 

 

UNIVERSITAS GUNADARMA

Jalan KH.Noer Ali Kalimalang

Bekasi 17145 Telp. (021)88860117

 

Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar

Dosen :Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah : Peranan Budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional

Kelas : 1-ID 05

Dateline Makalah : 10 Januari 2011

Tanggal Penyerahan atau upload makalah : 09 Januari 2011

P E R N Y A T A AN

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam tugas ini, saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim/ pihak lain.

Apabila terbukti benar,saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

PENYUSUN

NAMA             :Jaka Roni

KELAS              : 1ID 05

NPM                : 33410706

 

Program Sarjana Teknik Industri

UNIVERSITAS GUNADARMA

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa ,karena dengan karunia nya penyusun dapat menyelesaikan makalah ini.Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan kepada pembaca tentang Peranan Budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional.

Makalah ini berisi informasi tentang Peranan Budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional,yang kami harapkan dapat memberikan informasi kepada para pembaca.

Terima kasih yang sebesar besar nya kami sampaikan kepada :

  1. Bapak Muhammad Burhan Amin selaku dosen mata kuliah Ilmu Budaya Dasar yang telah membimbing kami selama proses penusunan makalah ini.
  2. Teman teman terutama kelas 1 ID 05 atas kerja sama dan sumbangsinya kepada kami.
  3. Seluruh pihak yang berpartisipasi selama penyusunan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna,oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir.Semoga Tuhan meridhoi segala uusaha kita.Amin

 

Hormat Kami

 

Penyusun

 

 

DAFTAR ISI

 

 

Pernyataan……………………………………………………………………………………………………………………..i

Kata Pengantar……………………………………………………………………………………………………………….ii

Daftar Isi…………………………………………………………………………………………………………………………iii

Bab 1

Pendahuluan…………………………………………………………………………………………………………………..1

1.Latar Belakang…………………………………………………………………………………………………………….1

2.Tujuan………………………………………………………………………………………………………………………….2

3.Sasaran………………………………………………………………………………………………………………………..2

Bab 2 Permasalahan……………………………………………………………………………………………………….3

1.Kekuatan……………………………………………………………………………………………………………………..3-4

2.Kelemahan…………………………………………………………………………………………………………………..4

3.Peluang………………………………………………………………………………………………………………………..4

4.Tantangan/Hambatan………………………………………………………………………………………………….5

Bab 3 Kesimpulan dan Rekomendasi………………………………………………………………………………6

1.Kesimpulan………………………………………………………………………………………………………………….6

2.Rekomendasi………………………………………………………………………………………………………………6

3.Referensi………………………………………………………………………………………………………………….…7

 

 

BAB 1 PENDAHULUAN

1.Latar Belakang

Banyaknya persoalan latar belakang pembuatan makalah yang berjudul Peran Budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional ini adalah di tunjang bahwa Di era globalisasi seperti saat ini, kebudayaan yang di miliki Indonesia sudah sangat beraneka ragam yang perlu kita jaga dan lestarikan Indonesia merupakan negara atau bangsa yang kaya akan seni dan budaya, khususnya seni dan budaya yang bersifat tradisional. Maka tidak menutup kemungkinan pentingnya peranan budaya lokal terhadap bangsa lain yang mempengaruhi citra dan pandangan yang positif dari bangsa Indonesia

Apabila kebudayaan yang ada di indonesi dapat mentransformasi diri sebagai milik bersama dan kebanggaan bersama yang dipangku oleh suatu masyarakat daerah, maka kebudayaan akan dapat berperan untuk meningkatkan ketahanan nasional.

Hal ini menjadi satu kebanggaan sekaligus suatu tantangan bagi seluruh rakyat Indonesia untuk dapat mempertahankan budaya daerah yang ada di tengah banyaknya pengaruh budaya asing yang dapat merusak budaya daerah. Tugas ini tentunya dikhususkan bagi generasi penerus bangsa yang mulai mengabaikan pentingnya peranan budaya daerah untuk memperkokoh ketahanan budaya nasional. Padahal ketahanan budaya bangsa merupakan salah satu identitas negara di mata Internasional.

Indonesia sebagai termasuk salah satu negara kepulauan terbesar di dunia memiliki berbagai macam kebudayaan baik dalam hal Pakaian adat, seni tari, seni musik, senjata, rumah adat dan lain – lain. Sebenarnya hampir seluruh kebudayaan indonesia tidak berasal dari Indonesia sepenuhnya. Kebudayaan – kebudayaan yang berada di indonesia merupakan perpaduan dengan budaya – budaya luar seperti India, Arab, cina (tionghoa) dan lainnya, juga berpadu dengan kebudayaan yang dari awal kita miliki, sehingga indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan, baik bahasa (Sastra), Kesenian, dan lain – lain.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau karena keberadaan kebudayaan – kebudayaan daerah yang ada di Indonesia, sehingga Indonesia bisa menjadi di kenal seperti sekarang ini. Kebudayaan Daerah sudah menjadi seperti Identitas adanya negara Indonesia.

 

 

2. Tujuan

Budaya bangsa di Indonesia sangat bermacam, hampir tiap suku mempunyai kebudayaan tersendiri. Mulai dari adat istiadat, tradisi, pakaian adat, rumah adat, makanan khas, dan masih banyak lagi, tiap suku berbeda. Budaya bangsa tercipta dari suatu perbedaan tapi memberi warna tersendiri bagi kebudayaan Indonesia.

Di sekolah – sekolah dan perguruan tinggi kebudayaan diajarkan. Perlu nya agar kebudayaan yang telah tercipta dari para pendahulu kita tidak luntur. Kebudayaan telah membangun jati diri Bangsa Indonesia. Orang – orang yang santun dan ramah tamah tercipta dari kebudayaan daerah yang ada.

Maka mengapa perlunya mempelajari kebudayaan? Agar kita tetap menjadi Bangsa Indonesia yang tak kehilangan jati diri, agar Bangsa Indonesia tetap menjadi bangsa Indonesia yang kaya akan kebudayaan.

 

1.      3. Sasaran

Penulisan makalah ini ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya para kaum muda untuk tetap mau melestarikan kebudayaan bangsa kita ini. Yang merupakan kekayaan sekaligus merupakan ciri dari bangsa Indonesia sendiri. Serta untuk mengajak masyarakat agar tetap mencegah dari pada terkikisnya budaya bangsa ini oleh kebudayaan-kebudayaan yang kerap meimbulkan masalah-masalah sosial.

Makalah ini sebenarnya saya buat untuk generasi – generasi muda baik di lingkungan Universitas Gunadarma, maupun generasi – generasi muda yang berada di luar lingkungan Universitas Gunadarma. Tetapi saya siapkan makalah ini dengan bahasa yang lebih mudah, sehingga walaupun ia masih dalam usia muda (bukan pemuda). Sehingga anak – anak Indonesia dari usia dini sudah mencintai, melindungi serta melestarikan kebudayaan – kebudayaan yang ada di Indonesia. Penulisan makalah ini ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya para kaum muda

untuk tetap mau melestarikan kebudayaan bangsa kita ini. Yang merupakan kekayaan sekaligus merupakan ciri dari bangsa Indonesia sendiri. Serta untuk mengajak masyarakat agar tetap mencegah dari pada terkikisnya budaya bangsa ini oleh kebudayaan-kebudayaan yang kerap meimbulkan masalah-masalah social.

 

 

BAB.2 PERMASALAHAN

Analisis permasalahan peran budaya daerah memperkokoh ketahanan budaya nasional dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun external dilihat dari aspek ;

budaya Indonesia. Ada juga wisatawan asing yang datang langsung ke Indonesia untuk mempelajari kesenian tradisional yang dimiliki Indonesia,Kita sebut saja Bali,Bali adalah suatu pulau yang memiliki keindahan,selain keindahan pulau yang ia miliki,Bali juga memiliki berbagai macam kebudayaan daerah yang menarik dan memiliki ciri unik. Dengan keunikan budaya yang dimiliki Bali,sangat menarik wisatawan asing dari berbaggai penjuru dunia untuk mempelajari kebudayaan Bali sehingga berdampak positif untuk negara salah satunya menambahkan pendapatan devisa negara.

Kebudayaan di Indonesia sangatlah beragam tetapi banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengenal budayanya sendiri. Padahal kebudayaan sangat diperlukan untuk melestarikan sejarah nenek moyang kita. Untuk itu sangat diperlukan peran serta masyarakat dalam melestarikan budaya lokal.

Oleh karena itu permasalahan ini akan kita bahas menggunakan analisis SWOT, sebagai berikut :

 

1. Strenght ( Kekuatan )

a. Peranan budaya daerah sangat berpengaruh untuk membangun ketahanan bangsa Indonesia,karena budaya daerah merupakan kebudayaan yang berasal dari suku bangsa Indonesia yang jumlahnya ratusan,yang pastinya memiliki fungsi memperkokoh kebudayaan Nasional dan mempersatukan berbagai macam keragaman.

b. Selain itu budaya daerah memiliki ciri unik,yang menjadikan bangsa kita dikenal oleh bangsa lain,samapai-sampai berberapa negara didunia mendirikan sebuah sekolah yang mempelajari

a. Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat beranekaragam

b. Setiap daerah di Indonesia memilki ciri khas budayanya masing-masing, karena Indonesia terdiri atas beribu-ribu pulau sehingga mnejadi daya tarik tersendiri bagi para turis asing.

c. Keunikan budaya Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Contohnya seperti rumah adat, pakaian adat, tarian daerah.

d. Memiliki semangant perjuangan bangsa dalam bentuk perjuangan non fisik yang disertai keuletan dan ketangguhan tanpa kenal menyerah dan mampu mengembangkan kekuatan nasional dalam rangak menghadapi segala tantangan, ancaman, hambatan.

 

2.2. Kelemahan (Weakness)

a. Kurangnya kesadaran masayarakat untuk melestarikan budaya daerah masing-masing, sehingga banyak budaya daerah yang tidak dikenal oleh masyarakatnya daerahnya sendiri.

b. Kurangnya minat untuk mempelajari atau mengenal budaya daerah masyarakat.

c. Adanya pengaruh dari budaya asing yang lebih diterima oleh masyarakat dibandingkan budayanya sendiri

d. Seringnya terjadi perpecahan antarsuku karena kurangnya komunikasi antarbudaya.

e. Adanya budaya yang mengikat yang membawa dampak kurang bagus bagi masyarakat yang tidak menganutnya

 

2.3 Peluang (Opportunity)

a. Menjadi negara yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing sehingga menambah devisa negara.

b. Dapat mengembangkan hasil-hasil kerajinan tangan yang dimiliki oleh tiap daerah

c. Kebudayaan dijadikan salah satu pemersatu rakyat Indonesia

d. Adanya peluang meninggikan martabat bangsa karena kita dianggap memiliki identitas sebagai bangsa yang berbudaya.

 

2.4. Tantangan/Hambatan (Threats)

a. Masuknya budaya asing sehingga menghilangkan kebudayaan daerah itu sendiri

b. Kurangnya minat masyarakat untuk mengenal budaya daerahnya sendiri

c. Kurangnya sosialisasi dari pemerintah sehinnga banyak kebudayaan Indonesia yang dicuri oleh negara lain

d. Akibat adanya kemajuan teknologi, kebudayaan daerah mulai ditinggalkan oleh masyarakat.

 

BAB III

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

 

1. Kesimpulan

-  Pemerintah masih kurang dalam mensosialisasikan kebudayaan daerah yang ada di Indonesia.

-  Masyarakat kurang memahami akan pentingnya kebudayaan bagi mereka sendiri

-  Akibat kurang perdulinya masyarakat dengan kebudayaan, maka banyak kebudayaan Indonesia                      yang diakui oleh negara lain.

-  Kemajuan teknologi masih belum di manfaatkan dengan baik oleh pemerintah dalam hal mengembangkan kebudayaan yang ada di Indonesia.

 

2. Rekomendasi

 

-           Masyarakat harus lebih mencintai budayanya sendiri agar tidak  diakui oleh bangsa lain.

-           Masuknya budaya asing harus dapat disaring agar tidak merusak kebudayaan daerah itu sendiri.

-           Pemerintah harus lebih aktif dalam menjaga kebudayaan yang kita punya.

-           Adanya program bantuan dari pemerintah untuk pelestarian budaya daerah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

REFERENSI

 

http://tangkaslubis.blogspot.com/2010/03peranan-budaya-lokal-memperkokoh-budaya.html

http://wisnoe33.blogspot.com/2010/03/peranan-budaya-lokal-memperkokoh-budaya.html

http://massofa.wordpress.com/2008/10/21/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar/

http://jtnmustlo.worpress.com/2010/03/11/peran-budaya-lokal-memperkokoh-budaya-bangsa/

http://lisca91.weebly.com

http://google.com

http://andry20.blogspot.com/2010/03/peranan-budaya-lokal-memperkokoh-budaya.html

 

 

 

 

 

 

About these ads

About jakaroni

mahasiswa universitas GUNADARMA 2010
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s